Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis
Visi, Misi dan Tujuan IAID Ciamis
VISI
Menghasilkan akademisi muslim yang memiliki ketajaman intelektual, ketangguhan iman, kepekaan nurani
dan kekuatan moral.MISI
Ø Melaksanakan pengajaran dan mengembangkan ilmu dan nilai-nilai Islam.
Ø Memelihara tradisi keilmuan Islam dan sekaligus mendorong pembaharuan pemikiran Islam.
Ø Mengarahkan mahasiswa kepada pemilikan akhlak mulia, pemikiran rasional, analitis, berorientasi pada pemecahan masalah, dan berpandangan jauh kedepan.
Ø Melaksanakan penelitian dalam rangka mengembangkan keilmuan dan pengabdian masyarakat.
Ø Memberikan kontribusi dalam proses pembangunan, khususnya dalam kaitan dengan upaya memperkuat landasan spiritual, moral dan etik pembangunan.
Ø Memberi kontribusi dalam upaya mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan umat manusia.
TUJUAN
Menghasilkan tenaga ahli dalam bidang Ilmu Agama Islam yang kelak dapat bertindak sebagai tenaga penggerak pendidikan dan pengajaran serta penelitian dan pengembangan Ilmu Agama Islam.
KOMPETENSI LULUSAN
Pengetahuan dan pemahaman (knowledge dan understanding)
ü Mempunyai pemahaman dan pengertian tentang dasar-dasar agama Islam.
ü Mempunyai pemahaman dan pengertian tentang norma, kaidah teori dan metodologi ilmu-ilmu agama Islam.
ü Mempunyai pemahaman dan pengertian tentang perkembangan ilmu-ilmu agama Islam.
Keterampilan (skills)
ü Terampil dalam menggali nilai-nilai universal ke-Islaman dan kemanusiaan.
ü Terampil dalam penerapan konsep dan teori atas fenomena umat.
ü Terampil dan aktif dalam kehidupan akademik di kalangan peminat dan peneliti ilmu-ilmu agama Islam.
ü Terampil dalam membangun refleksi fenomenal ilmu-ilmu agama Islam yang dihadapi oleh masyarakat.
ü Terampil dan peka dalam interpretasi teks, konteks, dan realitas umat.
Kemampuan dan kesanggupan (ability/capability)
ü Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi bidang ilmu-ilmu agama Islam.
ü Mampu mengidentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan penerapan dan pengembangan ilmu-ilmu agama Islam.
ü Mampu merancang suatu penelitian bidang ilmu-ilmu agama Islam.
ü Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan ilmu-ilmu agama Islam.
ü Mampu menerapkan kemampuan dan keahliaanya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
Sikap (attitude)
ü Mempunyai sikap rasa ingin tahu terus menerus tentang perkembangan ilmu-ilmu agama Islam.
ü Mempunyai sikap dan berusaha melakukan internalisasi nilai-nilai universal agama Islam.
ü Peka terhadap upaya akademik dalam mengungkap khazanah ilmu-ilmu ke-Islaman.
ü Berupaya menciptakan budaya prestatif dan sikap produktif dalam menghasilkan karya-karya ilmiah bidang ilmu-ilmu agama Islam.
ü Menghargai pluralisme dan multikulturalisme sebagai realitas masyarakat.
ü Menghargai setiap upaya pendekatan interdisipliner dalam mengelola sumber daya umat.
PROGRAM STUDI
Fakultas Syari’ah (S1)
1. Ahwal Al-Syakshiyyah (Terakreditasi)
2. Ekonomi Syari’ah (Terakreditasi)
Fakultas Tarbiyah (S1)
1. Pendidikan Agama Islam (Terakreditasi)
2. Pendidikan Guru MI (Terakreditasi)
3. Pendidikan Guru RA (Terakreditasi)
Program Pascasarjana (S2)
1. Pendidikan Agama Islam (Terakreditasi)
STAF PENGAJAR
Dr. H. Fadlil Munawwar Manshur, M.S.
Prof. Dr. H. Dede Nurzaman, M.A.
Prof. Dr. H. Ahmad Tafsir, M.A.
Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si.
Prof. Dr. H. S. Koswara
Prof. Dr. H. Endang Soetari Ad, M.Si.
Prof. Dr. H. Heddy Shri AP, M.A. M.Phil.
Prof. Dr. H. Afif Muhammad, M.A
Prof. Dr. H. Nurwadjah Ahmad EQ, M.A
Prof. Dr. Dudung Abdurahman, M.Hum.
Prof. Dr. Ajat Sudrajat, M.Ag.
Prof. Dr. H. Jaih Mubarak, M.ag.
Drs. H. Momon Kosasih
Drs. H. Ahmad Hidayat, S.H.
Dr. H. Fadlil Yani Ainusyamsi, M.Ag.
Dr. H. Hasan Bisri, M.Ag.
Dr. H. M. Djaswidi Al-Hamdani, M.Pd.
Dr. H. Huzni Thoyyar, M.Pd.
Dr. Deden Effendi, M.Ag.
Dr. H. Wawan AS Arifin, M.Pd.
Dr. Asep Nursobah
Dr. Hj. Imas Kania Rahman, M.pd.I.
Dr. Sumadi, M.Ag.
Dr. H. Aep Saepudin Firdaus, M.Pd.
Drs. H. Eddy Suprihat, M.Pd.
Drs. H. Wahyudin, M.Pd.
Drs. H. Koko Komaruddin, M.Pd.
Drs. H. Adad Abdullah, M.Pd.I.
Dra. Hj. Eulis Fadilah JN, M.Pd.I.
Sutresno, S.H., M.H.
Drs. H. Mumu Ma’sum, M.Pd.I.
Drs. H. Mustopa Kamal, M.Pd.
Dra. Hj.Ikah Atikah, S.Pd., M.Pd.
Drs. H. Didi Sopandi, Lc., M.Hum.
Drs. H. Fachrudin, S.H., M.H.
Ahmad Agung, S.Ag., M.Pd.I.
Ahmad Farhani, S.Ag., M.Pd.I.
Drs. Nurjamil Al-Fahmi, M.Pd.I.
H. Zulkarnaen, S.H., M.H.
Cecep Darul Iwan, S.Pd.I., M.Pd.I.
Anis Husni Firdaus, S.Th.I., M.Pd.I.
Safruroh, S.Th.I., M.Pd.I.
Dede Husni Mubarak, M.Pd.I.
Tedy Hendrisman, S.H., M.H.
Ila Nurmalia, S.H.I., M.SI.
Cucu Surahman, M.Ag., M.A.
Dra. Hj. Chusna Arifah, S.Pd., M.Pd.I.
Drs. H. Tatang Ibrahim, M.Pd.
H. Wahyu, S.Ag., M.Pd.I.
Drs. H. Hasanudin, M.Pd.I.
Yusuf Suryana, M.Pd.
Aa Surahmat, S.Ag., S.Pd., M.Pd.
Ujang Endang, S.Ag., M.Pd.
Dr. M Rojun , M.A.
Dadang Gani, M.Ag.
Darsono Al-Nuur, M.Pd.I.
Kiswanda, S.Ag., M.Pd.
Dra. Yasbiati, S.Pd., M.Pd.
Nurjanah, M.Si.
Drs. Yamin S., M.Pd.
Nana Sutisna, S.Pd., M.Pd.I.
Sofia Ratna Awaliyah F., M.Pd.I.
Sri Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Lilis Nurteti, M.Pd.
H. Wawan Khorul Anwar, M.Pd.
Budi Rahman, M.Pd.
Badru, M.Pd.
Soni Samsu Rizal, M.Pd.I.
Tata Somantri, S.Ag., M.Pd.I.
Abdul Aziz, S.H.I., M.Pd.I.
Dewi Aryani, M.Pd.I.
Rayi Pasya, M.Hum.
N. Hani Herlina, M.Pd.I.
Drs. Heri Heryana, M.Pd.I.
Asep Majidi Tamam, M.Ag.
Drs. Hanif, M.Pd.
Asep Saefullah, M.A.
Tedy Hendrisman, M.H.
Drs. Aan Kusdiana, S.Pd., M.Pd.
Mu’minah, M.Kim.
Drs. H. A. Saepul Mubarak, M.Pd.
Elis Siti Julaihah, S.S., M.A.
Aas Hasan Bisri, M.Pd.I.
Iis Rasidah, M.M.Pd.
Dudung Basori, Lc., M.Pd.
Drs. A. Saefullah
Drs. H. Sambas, S.H.
Drs. H. Akbar Sutisna
Drs. H. Abdul Fatah
Drs. H. Soefyan Saori
Drs. H. hanafi
Drs. Undang Suherman
M. Saleh Kartiwa, S.H.
Dase Fadlil Yusdi Mubarak, S.H.
Drs. H. Iis Misbah
Drs. H. Turodin
Dra. Siti Yamah
H. Soleh Ma’rup, S.Pd.I.
Ede Syahidin, S.Pd.I.
Christopher Allan Woodrich, S.S.
Ayi Daud, S.Pd
Fadlilah Aisyah Amini, M.Pd.
Iwan Setiawan, S.Ag., S.Pd.I., M.A.
KURIKULUM PENDIDIKAN
Kurikulum IAID diarahkan pada pemberian pengalaman belajar yang berorientasi pada kompetensi yang telah ditetapkan. Muatan kurikulum IAID terdiri dari empat unsur terintegrasi, yaitu :
1. Unsur yang membangun kemampuan dasar ilmu-ilmu keislaman, yang tercermin dalam Mata Kuliah Umum (MKU);
2. Unsur yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan berpikir reflektif-filosofis serta kehandalan metodologis dalam menghadapi problematika keagamaan dan kemasyarakatan, yang tercermin dalam Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK);
3. Unsur yang berfungsi untuk mengembangkan spesialisasi program studi, yang tercermin dalam Mata Kuliah Keahlian (MKK); dan
4. Unsur yang berfungsi untuk memperkaya, melengkapi, dan mendukung kemampuan akademik dan profesional mahasiswa, yang tercermin dalam mata kuliah pilihan/pendukung (MKP
).
).
KEUNGGULAN
1. Terakreditasi BAN-PT
2. JURNAL Ilmiah Terakreditasi Dirjen Dikti
3. Biaya relatif terjangkau
4. Lokasi kampus strategis
5. Dosen berpengalaman (Magister, Doktor & Guru Besar)
6. Lulus tepat waktu
7. Digital library
8. Ruang kuliah AC/LCD/ICT
9. Laboratorium Komputer
10. Laboratorium Bahasa
11. Hot Spot Area
12. Pengajian Kitab Kuning
13. Program Ma’had Aly
14. Beasiswa Berprestasi
15. Organisasi Kemahasiswaan
16. Inkubasi Bisnis (INBIS)
POLA PMB 2015
1. Jalur Prestasi (Tanpa Tes)
Jalur Prestasi diperuntukan bagi lulusan terbaik sekolah/madrasah dalam bidang akademik (peringkat 1-10, dibuktikan dengan melampirkan nilai rapor kelas X, XI, dan XII [semester 1])dan non-akademik (minimal prestasi tingkat kabupaten, dibuktikan dengan sertifikat prestasi). Pendaftaran dikoordinasikan oleh sekolah / madrasah masing-masing.
2. Jalur Umum (Tes)
Jalur umum bagi seluruh pendaftar (calon mahasiswa baru) dengan materi ujian : Tes Potensi Akademik, bahasa, dan baca tulis Qur’an. Ujian masuk dilaksanakan dalam dua (2) gelombang.
*) ketentuan pola penerimaan Program Pascasarjana diatur tersendiri.
Komentar
Posting Komentar